Terlalu Protektif Bisa Sebabkan Anak Gampang Sakit

Membagikan proteksi terhadap anak dari segala bahaya serta ancaman penyakit adalah sebuah kewajaran untuk orang tua untuk menjaga anaknya supaya tetap sehat. Tetapi, proteksi yang berlebih pun juga bisa mengakibatkan kekebalan badan anak menjadi menurun hingga anak mudah terserang penyakit.

“Jangan terlalu protektif, anak bisa kena kuman sedikit,” terang Spesialis Anak dari RS Anak & Ibu Harapan Kita bernama Dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K) di kota Jakarta.

Proteksi berlebih yang di maksud di sini yakni tak membiarkan anak tertimpa kotor sedikitpun, tak memperbolehkan anak bermain di lantai, seringkali mencuci tangan anak dalam tiap aktivitas ataupun larangan-larangan ekstrim yang lain.

Berdasarkan Ariani pada dasarnya anak mempunyai daya tahan badan sendiri hingga dalam batasan tertentu dapat bertahan dari serangan kuman penyebab penyakit.

Seperti halnya ketika bayi, Ariani menjelaskan, mereka telah di perkenalkan dengan bakteri baik yang ada di dalam air susu bunda ataupun ASI. Perlindungan berlebih malah membuat badan anak tak terlatih dengan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*