Rokok Elektrik Juga Membahayakan Perokok Pasif

Bukan hanya rokok konvensional, rokok elektrik (vape) faktanya pun juga bisa membahayakan perokok pasif. Keduanya sama-sama mempunyai kandungan nikotin, karsinogen (pemicu kanker), serta radikal bebas. “Uap yang telah masuk kejalur pernapasan perokok pasif mempunyai kandungan bahan-bahan berbahaya itu,” jelas Dr. Agus Dwi Susanto SpP di kota Jakarta, Jumat (27/1).

Untuk perokok pasif, resiko penyakit yang bisa muncul dari paparan vape hampir sama seperti rokok konvensional. “Meskipun kadarnya lebih sedikit, namun tak berarti itu lebih aman ataupun tak berbahaya untuk perokok pasif

Mengingat penggunaannya tetap relatif baru, ketika ini data resmi yang tersedia perkara penggunaan vape belum hingga untuk penyakit berbahaya. “Yang telah terdata antara lain terjadinya sebuah gangguan fungsi paru serta meningkatnya peristiwa penyakit pernapasan, seperti asma,” jelas Kepala Divisi Penyakit Paru Kerja serta Kawasan, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan ini.

Resiko penyakit yang di dapatkan oleh perokok pasif akan cukup bergantung pada durasi, jumlah, serta keberlangsungan paparan. Semakin sering perokok pasif tertimpa paparan maka resiko kesehatannya lebih tinggi. “Jika seorang yang hampir setiap hari, takaran besar, dalam waktu yang dekat mungkin dia akan lebih cepat tertimpa penyakit terkait dengan rokok,” ungkap Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*