Nikotin Rokok Bisa Menempel Berbulan-bulan

Nikotin yang berasal dari pembakaran rokok lalu menempel di beragam benda dapat bertahan berbulan-bulan serta membahayakan untuk orang yang menghirupnya. Kepala Divisi Penyakit Paru kerja serta kawasan RSUP Persahabatan dr Agus Dwi Susanto berkata asap rokok yang menempel serta menetap di beragam benda seperti di sekitar baju, sofa, gorden, topi, karpet dapat membahayakan orang disekitar yang menghirupnya bila terus terakumulasi.

Agus menjelaskan perkara third hand smoke yakni orang yang menghirup zat-zat yang berbahaya pada rokok dari benda-benda terpapar asap rokok. Sementara untuk secondhand smoke yaitu perokok sekunder ataupun orang yang menghirup langsung kepulan asap rokok dari perokok di sekitarnya, pun juga biasa disebut perokok pasif.

“Jika terakumulasi dapat mengakibatkan beragam penyakit berbahaya yang dikarenakan oleh rokok,” terang Agus.

Dia menjelaskan benda yang tertempel oleh nikotin mesti segera dibersihkan, sebab bila di biarkan akan bertahan berbulan-bulan.

“Menghapus nikotin itu susah lho. Jika menempel di tembok itu mesti benar-benar, dikerok, hingga dicat ulang,” terang dia.

Agus menjelaskan penelitan RSUP Persahabatan akhir-akhir ini di daerah Jakarta Timur yang mengatakan anak-anak serta bunda yang tinggal serumah dengan bapak yang merokok memilki kadar nikotin didalam urin lebih tinggi 4 hingga 5 kali lipat dibandingkan dengan keluarga yang tak merokok.

Kalau terpapar asap rokok secara langsung ataupun tak langsung secara kontinyu, lanjut dia, dapat menyebabkan beragam penyakit seperti penyakit paru obstruktif kronis, jantung, kanker, stroke, serta yang lain. Penyakit yang timbul sebab dikarenakan terpapar asap rokok secara langsung ataupun tak langsung, terang Agus, biasanya muncul setelah 10 tahun.