Mengapa Pasangan yang Berjodoh Wajahnya Mirip?

Banyak orang tetap yakin, pasangan yang berjodoh cenderung mempunyai kemiripan wajah. Benarkah demikian?

Sebuah study yang dimuat dalam jurnal PLOS Genetics menyatakan, pasangan menikah sering tampak mirip 1 sama lain sebab manusia cenderung menikahi individu yang mempunyai garis keturunan yang sama. Walau tampaknya trend ini mulai terkikis.

Peneliti Ronnie Sebro dari Universitas Pennsylvania dan juga Josee Dupuis dari the Boston University Schools of Public Health, dan Neil Risch dari Universitas California mengumpulkan 800 pasangan partisipan dari beragam latar keturunan bertentangan lalu mempelajari data gen mereka.

Dari study itu, para peneliti menemukan, bahwa sebagian orang memilih pasangan yang berasal dari kawasan sekitar mereka dan juga selalu mempunyai nenek moyang yang sama. Tetapi, struktur genetika yang di bentuk melewati pola pernikahan mirip begini menurun seiring waktu.

Melansir Reader’s Digest, Hari selasa (9/5/2017), pada study lain yang di lakukan terlebih dahulu, peneliti mengumpulkan pasangan dari pengantin baru, memotret mereka kemudian memotret kembali 25 tahun setelahnya. Hasil photo menunjukkan bahwa seiring waktu, pasangan mulai terlihat berbagi kemiripan wajah.

Peneliti berpendapat, kemiripan ekspresi wajah itu disebabkan kehidupan pernikahan yang senang dan kedekatan hubungan mereka. Contohnya, apabila salah 1 pasangan cukup humoris dan juga suka tertawa maka suami ataupun istrinya pun akan terbawa sifat itu hingga mereka berbagi suatu garis tawa yang tampak jelas. Itulah salah 1 alasan wajah pasangan jadi terlihat mirip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*