Ingat, Lemak Bukan Penyebab Utama Kegemukan

Anggapan lemak membuat seseorang menjadi gemuk tak sepenuhnya benar. Jumlah kalori yang berlebihan sebenarnya membuat bobot badan menanjak tanpa pengawasan.

Dokter Tirta Prawita Sari menjelaskan, badan manusia perlu di berikan asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan juga mineral. Komposisi itu mesti seimbang melihat kebutuhan kalori tiap orang.

Saat seseorang itu kelebihan kalori dalam mengkonsumsi elemen itu, maka elemen tersebut yang menjadi penyebab dari kegemukan. Bukan berarti penyebab dari kegemukan cuma lemak.

Dokter Tirta mencontohkan kalau mengkonsumsi lemak yang membuat seseorang menjadi kelebihan kalori maka akan bisa berakibat kegemukan. Begitu pun saat seseorang mengkonsumsi karbohidrat melampaui kalori yang diperlukan, maka itu yang menjadi penambahan bobot badan.

“Jika kami konsumsi minyak banyak namun membatasi yang yang lain hingga kami tak kelebihan kalori, kami ya nggak akan gemuk,” terang Sekretaris Komite Nasional Gizi dan juga Penanggulangan Penyakit Tak Menular Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Elemen penunjang gizi optimal mesti seimbang porsinya dan juga tak melampaui asupan kalori harian. Kegemukan dikarenakan kelebihan asupan kalori yang dapat di berikan dari salah 1 antara karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan juga mineral.