Cara Bijak Perkenalkan Gawai pada Anak

Kemajuan technology menuntut orangtua untuk lebih bijak bersikap pada anak lebih-lebih dalam hal memperkenalkan perangkat. Kalau lalai, bisa-bisa bukannya menghadirkan manfaat, gawai malah menghadirkan keburukan untuk anak.

Menurut rekomendasi dokter anak sedunia, berdasarkan psikolog anak bernama Annelia Sari Sani, memperkenalkan gawai kepada anak baru dapat dimulai semenjak usia 2 tahun. Gawai yang di maksud merupakan penggunaan ponsel pintar, TV serta alat elektronik.

“Itu pun secara perlahan, penuh 2 jam sehari sebab akan berpengaruh pada segi perkembangan otak anak,” terang Anne dalam acara pers Hilo School Drawing Competition di Wyl’s Kitchen, Jakarta.

Supaya masih terkontrol, orangtua mesti memilih acara ataupun program app yang memungkinkan acara bersama yang bisa melibatkan mereka dengan anak. Lalu, ajaklah anak menceritakan kembali tontonan ataupun permainan yang sudah dilakukannya.

Orangtua pun juga perlu menceritakan manfaat acara TV ataupun program app menjadi sarana bersosialisasi serta latihan pemecahan masalah dan sarana pengembangan motorik, kosakata, dan konsep-konsep matematika, literasi serta sains. Gunakan acara TV serta program app menjadi sarana belajar. Tetapi orangtua mesti menguasai terlebih dahulu alat elektronik yang akan dikenalkan pada anak.

Anne menyarankan supaya para orangtua mempelajari serta memainkan game yang akan di berikan pada anak. “Seringkali dampingi anak ketika mengeksplorasi alat elektronik,” terang Anne.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*