Berhati-hati, Ini Faktor Resiko Tinggi Diabetes Mellitus Tipe 2

Diabetes mellitus adalah salah 1 penyakit yang sangat mematikan. Banyak orang yang takut tertimpa penyakit, sebab kalau telah kena pelik disembuhkan. Bahkan dapat meluas perkara organ lain.

Kepala Persatuan Diabetes Indonesia daerah Jakarta, Prof Dr dr Mardi Santoso, menjelaskan diabetes mellitus yaitu penyakit endokrin-metabolik kronik yang mana ditandai dengan hiper glikemia akibat dari kelainan pada dekresi insulin, atau aksi insulin atauresiten insulin serta keduanya.

Faktor resiko yang mempengaruhi timbulnya diabetes mellitus, menurutnya, yaitu keturunan, suku bangsa, dan aktivitas fisik, kegemukan, jenis kelamin, infeksi, bahan-bahan kimia, nutrisi, geografi, obat-obatan, pekerjaan, sosial ekonomi, penyakit tertentu (endokrin serta yang lain). Tetapi, faktor-faktor resiko tinggi diabetes tipe 2 yaitu mereka yang berusia diatas ataupun sama dengan 45 tahun. Mereka yang mempunyai index massa badan di atas 23 kg per meter persegi pun juga beresiko tinggi. Selain itu, Kamu yang mempunyai lingkar perut di atas 90 sentimeter untuk laki-laki serta perempuan diatas 80 sentimeter pun juga beresiko alami diabetes mellitus tipe 2.

Bukan cuma itu, Kamu yang mempunyai aktivitas fisik minimal serta dalam keluarga ada riwayat diabetes mellitus pun juga mudah akan penyakit ini. Bahkan ada riwayat keluarga melahirkan bayi diatas 4 kilogram pun juga faktanya berpotensi diabetes mellitus ke depannya. Pun juga untuk bunda yang ketika hamil mengalami penyakit diabetes mellitus gestasional berpotensi alami hal yang serupa.

Prof Mardi menambah untuk Kamu yang mengalami hipertensi ataupun tekanan darah tinggi diatas ataupun sama dengan 140 per90 mmHg, serta HDL kurang dari ataupun sama dengan 35mg/dl serta ataupun trigliserid diatas ataupun sama dengan 250 mg/dl. Kamu yang mengalami polycystic syndrome ataupun penyakit lain yang berhubungan pada resitensi insulin pun juga beresiko diabetes mellitus tipe 2 pun juga yang mempunyai riwayat penyakit kardiovaskuler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*